LENGKUAS (Alpinia galanga)

Hallo, sahabat di manapun berada, topik bahasan kali ini adalah lengkuas. Bagaimana ciri-ciri dan manfaat lengkuas, mari kita simak selengkapnya!

Ciri-ciri dan habitat

Lengkuas merupakan tumbuhan rimpang terdiri dari batang, daun, bunga, buah, dan biji. Batangnya ini bertipe batang semu. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berbentuk daun lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, dan tepinya rata. Bunga majemuk dalam tandan. Kelopak bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih kehijauan.  Umbi ada yang berwarna putih, juga ada yang merah. Rimpang lengkuas merupakan rimpang yang besar dan tebal, berdaging. Bijinya kecil-kecil, berbentuk lonjong, berwarna hitam. Lengkuas dapat tumbuh di tempat yang terbuka; di bawah sinar matahari penuh atau yang sedikit terlindung.

Manfaat

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan minum air rebusan lengkuas. Meningkatkan daya tahan tubuh. Lengkuas mengandung vitamin C, yang artinya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, asupan vitamin C juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi, sehingga peredaran darah menjadi lancar.  Menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung hingga stroke. Kamu bisa mengontrol atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi air rebusan lengkuas

Nah, itu dulu ya Sahabat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *