KUNYIT (Curcuma longa)

Hallo, sahabat di manapun berada, topik bahasan kali ini adalah kunyit. Bagaimana ciri-ciri dan manfaat kunyit, mari kita simak selengkapnya!

Ciri-ciri dan Habitat

Ciri-ciri tumbuhan kunyit yakni batangnya tidak bercabang, bentuknya memanjang dan merupakan batang semu yang tertutup rapat oleh pelepah daun, berwarna hijau agak keunguan. Tepi daun rata, tulang daun menyirip, rimpang terbentuk denag sempurna bercabang-cabang, berwarna jingga, bau aromatis. Morfologi akar kunyit yakni bentuk rimpangnya bulat dan panjang dengan diameter 1-2 cm serta panjang 3-6 cm, dari ruas-ruasnya dapat tumbuh tunas baru yang akan berkembang menjadi tanaman baru. Kunyit tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi.

Manfaat

Rimpang kunyit mempunyai banyak kegunaan dalam masyarakat sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk obat sakit kulit, infeksi jamur, gatal-gatal, cacing tambang, disentri, borok bernanah, sariawan, cacing pita, nafsu makan berkurang, dan memperlancar ASI. Kurkumin pada kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu memerangi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi ini juga didukung oleh kandungan zat anti kataral di dalam kunyit, sehingga rutin meminum air kunyit kuning dapat membantu tubuh kita menangkal virus. Selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan sebagai perasa dan pewarna dalam beberapa jenis olahan makanan guna memberikan cita rasa pengonsumsinya.

Nah, itu dulu ya Sahabat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *