KUMIS KUCING (Orthosiphon stamineus Benth)

Hallo, sahabat di manapun berada, topik bahasan kali ini adalah Kumis Kucing. Bagaimana ciri-ciri dan manfaat kumis kucing, mari kita simak selengkapnya!

Ciri-ciri dan Habitat

Tanaman kumis kucing memiliki ketinggian 0,3-1,5 m dan memiliki batang agak berkayu dan memiliki sedikit bulu-bulu halus. Daunnya sederhana, memiliki lebar 2-4 cm dan panjang 4-7 cm dengan bentuk sedikit lonjong, memanjang, meruncing pada bagian pangkal dan ujung daun. Tepi daun menyerupai gerigi yang dilapisi bulu-bulu halus. Bunganya berwarna putih, biru atau ungu. Tanaman ini juga memiliki buah yang berkerut halus dan keras. Ketika bunga terbuka, benang sari dan putik meluas jauh melampaui kelopak, yang terlihat seperti “kumis kucing”. Tanaman ini tumbuh di daerah panas terbuka dengan kondisi tanah yang kaya akan bahan organik.

Manfaat

Sebagai obat diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes dapat diobati dengan menggunakan tanaman kumis kucing yang dicampur dengan air.

Penurun hipertensi. Salah satu kandungan pada tanaman kumis kucing yang dapat menurunkan tekanan darah adalah sinensetin. Sinensetin adalah senyawa yang berperan sebagai antioksidan pada darah, efek antioksidan akan bekerja mengurangi kadar natrium berlebih melalui urine.

Obat Batuk. Manfaat lainnya dari tanaman kumis kucing adalah pereda batuk. Untuk menghilangkan batuk, daun kumis kucing dapat direbus dengan air, kemudian diminum secara rutin.

Nah, itu dulu ya Sahabat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *