Membuat seminar PTK secara online

Kenaikan pangkat bagi guru (PNS) mengacu pada Permen-PAN RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Walaupun sudah diatur dalam peraturan ini, tidak jarang di lapangan ditemukan bahwa guru yang kan naik pangkat belum mengetahui syarat yang harus dipenuhi. Seperti halnya tentang berapa pengembangan diri (PD) yang diperlukan minimal untuk naik pangkat dan golongan dari IIIa ke IIIb, kemudian berapa publikasi ilmiah (PI) yang dibutuhkan guru untuk naik pangkat dan golongan ke IIIc, serta ragam bentuk karya inovatif (KI) yang berhak memperoleh angka kredit.

Kemudian, muncul pertanyaan tentang apa saja jenis-jenis publikasi ilmiah yang dapat dilakukan guru? Padahal Permen-PAN RB Nomor 16 Tahun 2009 adalah peraturan yang dijadikan landasan bagi guru yang ingin naik pangkat dan golongan. Dari kondisi inilah, admin akan berbagi informasi berkaitan dengan publikasi ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas.

Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibuat guru tidak langsung dapat digunakan untuk penilaian angka kredit. PTK tersebut wajib dipublikasi dan diseminarkan. Syarat seminar setidaknya menghadirkan 15 orang guru dari 3 sekolah berbeda. Di masa pandemi ini, seminar PTK tidak selalu dilaksanakan dengan cara tatap muka, melainkan dilakukan secara online (daring). Hal-hal yang diperlukan guru dalam seminar PTK online yaitu:

Pertama, yakinkan dan pastikan bahwa PTK yang dibuat guru sudah siap untuk diseminarkan. Persiapan tersebut meliputi rangkuman atau ringkasan PTK, powerpoint (bahan tayang) serta lampiran-lampiran pendukung

Kedua, panitia penyenggara seminar sudah ada. Panitia meliputi ketua, sekretaris, anggota, notulis, undangan (guru dan pengawas). Administrasi seperti susunan panitia, catatan seminar (notulen) surat undangan, jadwal kegiatan ini dijadikan bukti atau lampiran pelaksanaan seminar.

Ketiga, pelantar kegiatan. Pelantar ini digunakan sebagai meeting room seminar. Berbagai pelatar pilihan yang dapat digunakan seperti zoom meeting, webex, google meet.

Keempat, fliyer kegiatan. Fliyer ini berisi informasi tentang pelaksanaan seminar online meliputi waktu kegiatan, pelantar (alamat room dan password), penyaji dan undangan.

Kelima, dokumentasi kegiatan. Dokumentasi digunakan sebagai bukti atau lampiran kegiatan seminar. Dokumentasi bisa berupa hasil tangkap layar (screenshoot) atau bukti rekaman pelaksanaan seminar online.

Untuk memperlancar keggiatan seminar PTK secara online, perlu disiapkan host dan moderator. Host bertugas untuk melakukan admite maupun remove peserta yang melanggar tata tertib kegiatan. Moderator bertugas untuk memandu jalannya seminar. Susunan kegiatan seminar meliputi: pembukaan; sambutan; penyajian hasil PTK; sesi Tanya jawab; arahan pengawas; dan penutup.

Demikian sajian informasi terkait seminar PTK secara online. Nah, admin juga menginformasikan ke Bapak/ibu guru tentang pelaksanaan seminar PTK secara online yang dilakukan 4 orang guru SD di Kecamatan Denpasar Utara. Cek grafis berikut ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *