Manfaat Kayu Manis

Klasifikasi

Klasifikasi tumbuhan kayu manis dapat disajikan sebagai berikut

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Viridiplantae
Superdivisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Subdivisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Laurales
Famili : Lauraceae
Genus : Cinnamomum Schaeff
Spesies : Cinnamomum verum

Ciri kayu manis

Kayu manis memiliki pohon yang berwarna hijau yang tingginya mencapai 8-17 m di alam liar. Daun kayu manis tunggal, berbentuk lanset, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 4-14 cm, lebar 1-6 cm, pertulangan daun melengkung, berbau harum ketika diremas, warna daun ketika muda merah pucat, dan setelah daun tua menjadi berwarna hijau. Terdapat pula bunga-bunga yang berwarna kekuningan yang berbentuk tabung dengan 6 lobus. Bunga majemuk, berbentuk malai, tumbuh di ketiak daun, berambut halus, tangkai panjang 4-12 mm, benang sari dengan kelenjar di tengah tangkai sari, mahkota panjang 4-5 mm, dan berwarna kuning. Ukuran buahnya memiliki panjang ± 1 cm, ketika masih muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi berwarna hitam. Bijinya kecil-kecil, bulat telur, masih muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi berwarna hitam. Akar pohon tunggang dan berwarna coklat. Terdapat pula bagian yang penting dan banyak diteliti kandungannya adalah kulit batangnya.

Manfaat kayu manis

Kayu manis banyak tumbuh di daerah dengan subtropic. Tumbuhan ini bida ditemukan di alam liar maupun banyak ditanam di pekarangan. Tumbugan kayu manis memili beberapa manfaat antara lain:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.  Di dalam kayu manis terkandung antioksidan polifenol yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Rebusan air kayu manis ini juga dapat membantu mengurangi penyakit seperti gannguan pernafasan dan jantung.
  2. Memperbaiki Sirkulasi Darah. Salah satu manfaat kayu manis adalah melancarkan sirkulasi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kinerja otot jantung. Dengan konsumsi rebusan kayu manis, badan dapat terasa energetik dan aktivitas olahraga terasa lebih mudah. 
  3. Melawan kolesterol.Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menyumbat pembuluh darah. Masalah ini bisa disebabkan oleh keturunan ataupun pola hidup yang tidak sehat. Kamu bisa mencoba kombinasi minuman kayu manis dan madu yang enak. Caranya mudah! Campurkan 1 sdt madu dengan ½ sdt bubuk kayu manis dan didih dalam air atau teh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *