Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Rambut?

Apa itu rambut sehat?

Rambut sering dijuluki sebagai mahkota, baik bagi pria maupun wanita. Rambut memiliki peranan yang sangat penting bagi kepala. Tidak hanya melindungi kepala dari sengatan sinar matahari, namun di era kekinian, rambut adalah ‘perhiasan’ yang berharga.

Memiliki rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang. Rambut sehat dicirikan berupa tebal, berwarna/hitam, berkilau, sehat, mudah diatur, dan tentunya tidak mudah rontok. Tak seorangpun mau kehilangan rambut yang tanpa sebab-kerontokan. Rambut yang semakin rontok dapat mengurangi rasa percaya diri.

Bagi kebanyakan orang –wanita, rambut yang sehat memberikan daya pesona tersendiri bagi pemiliknya. Tidak sedikit wanita ataupun pria yang menimbulkan rasa kagum hanya karena keindahan rambutnya.

Perlu disadari bahwa berbagai faktor dapat memengaruhi kondisi rambut, seperti: faktor usia lanjut, depresi, berkurangnya aktivitas kelenjar minyak yang ada di kulit kepala, gangguan hormon, pengaruh kosmetika, efek terkena sinar matahari terus-menerus, maupun kurangnya asupan makanan bergizi untuk pertumbuhan rambut. Untuk memiliki rambut yang sehat, tentunya dibutuhkan perawatan.

Mengenal hair shedding

Lumi clinic memberi jawaban untuk menjaga kesehatan rambut anda. Berbagai masalah rambut yang sering dialami yaitu: Kerontokan.

Kenapa terjadi kerontokan rambut? Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Secara umum, kerontokan ada yang bersifat temporer dan juga progresif, artinya semakin hari kerontokan akan semakin berat.

Keadaan yang bersifat temporer, misalnya adanya infeksi (jamur, virus), setelah melahirkan, manipulasi rambut dengan bahan kimia ataupun panas tinggi, stress, termasuk juga ketombe, biasanya akan dapat kembali setelah diobati. Yang biasanya sering membutuhkan bantuan yang konsisten adalah kelainan yang terpaut genetik, yaitu alopecia adrogenika. Tidak hanya laki-laki yang dapat mengalami alopecia adrogenika, pun wanita dapat mengalaminya.

Sebelum treatmen atau bertemu dermatologis, perlu diketahui istilah “hair shedding”. Hair shedding biasanya biasanya terjadi karena rambut masuk ke dalam fase istirahat (lepasnya) rambut, yaitu fase telogen. Secara normal, rambut dapat lepas sebanyak 50-100 helai per hari.

Namun, jika tubuh lepasnya lebih banyak disebut sebagai telogen effluvium, dan ada kemungkinan saat itu tubuh sedang mengalami stressor berikut: berat badan turun lebih dari 20 kg; melahirkan; mengalami stres psikis; demam tinggi; menjalani prosedur operasi; sakit; dan penghentian pil kontrasepsi.

Saat tubuh sudah mulai menyesuaikan, biasanya kerontokan rambut akan berhenti. Hair loss berbeda dengan hair shedding. Hair loss diartikan sebagai fase pertumbuhan (fase anagen) rambut terhenti karena berbagai sebab. Hal ini disebut sebagai anagen effluvium.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan anagen effluvium adalah: Genetic; sistem imun yang hiperreaktif; pengobatan, misalnya chemorherapy; hair style yang menarik rambut; produk rambut berbahaya; dan kelainan menarik rambut (trikotilomania).

Dalam keadaan telogen effluvium ringan, dengan perawatan rambut yang baik, akan membantu mengurangi keluhan. Namun jika telogen effluvium lebih berat dan juga keadaan anagen effluvium, biasanya diperlukan mencari penyebab dan penanganan lebih lanjut.

Ragam treatment perawatan rambut di Lumi Clinic

Lalu, treatmen apa saja yang tersedia di Lumi Clinic?

Pertama, Red Light Therapy adalah treatment yang menggunakan sinar infrared yang ditujukan untuk mengatasi permasalahan rambut. Treatment ini dapat meningkatkan aliran darah di sekitar folikel rambut, memberikan oksigen serta nutrisi ke area folikel rambut, sehingga diharapkan dapat mengurangi kerontokan rambut, mencegah kebotakan, dan bahkan membantu pertumbuhan rambut baru.

Treatment ini memerlukan waktu sekitar 30 menit dan tanpa down time setelahnya. Untuk hasil yang maksimal, dapat dilakukan kombinasi treatment dengan obat dan prosedur lainnya.

Kedua, Alopecia injection adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi kebotakkan rambut. Cara kerjanya adalah dengan menekan sistem imun yang sangat aktif merusak folikel rambut. Biasanya diperlukan beberapa kali sesi treatment, dan untuk hasil yang maksimal, sebaiknya dibarengi dengan pilihan terapi rambut lainnya.

Ketiga, Meso Hair. Treatment ini bertujuan menghantarkan obat ke dalam kulit melalui celah-celah perlukaan kecil yang dibuat di permukaan kulit. Walaupun terbentuk perlukaan, treatment ini sangat nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Tujuan dilakukan meso hair adalah untuk mengembalikan dan meningkatkan mikrosirkulasi darah di kulit kepala, memberikan nutrisi, mengurangi kecepatan rontoknya rambut, mencegah mengecilnya folikel rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Nah, itu tadi beberapa treatment yang bis didapatkan di Lumi Clinic. Pastikan kamu memilih treatment yang tepat untuk keadaan rambut u dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologis kami. Untuk info lebih lanjut, hubungi Lumi Clinic Jl Teuku umar no 185 Denpasar Bali 80113, Hp. 0811-3892-185 atau kunjungi website kami di www.lumiclinic.com. Stay safe & healthy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *