Lomba Video Praktik Baik Pembelajaran di Era Pandemi

Sudah lebih dari enam bulan Indoensia mengalami masa pandemi akibat covid-19. Kondisi ini memengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Pembelajaran yang berlangsung bersemuka secara tiba-tiba berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

PJJ yang dilakukan pun dibedakan menjadi beberapa jenis seperti pembelajaran dalam jaringan (daring), pembelajaran luar jaringan (luring), maupun pembelajaran kombinasi (blended learning). Pemilihan moda pembelajaran yang digunakan bergantung pada daya dukung yang ada. Daya dukung seperti kesiapan bahan ajar, sarana-prasarana (internet, kuota, dan gawai), maupun dukungan sosial budaya lingkungan setempat.

SKB Menteri berkaitan dengan pendidikan telah memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan. Berbagai upaya telah diakukan pemerintah untuk tetap melayani pendidikan bagi siswa. Produk komunikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh seperti video pembelajaran, video panduan belajar dari rumah, buku saku pembelajaran, infografis telah dikleuarkan oleh Kemendikbud dan Kemenag. Penyebaran informasi menggunakan beragam kanal seperti media sosial (facebook, instagram, twitter), radio edukasi, TVRI, whatsapp, dan sebagainya.

Selain itu, sosialisasi melalui berbagai program talk show di stasiun televisi dan radio telah dilakukan sejak penetapan SKB tersebut. Namun, upaya-upaya tersebut dirasa masih perlu diperkuat dengan menarik partisipasi dari daerah dan satuan pendidikan sehingga meningkatkan tingkat kepatuhan dan perubahan perilaku.

Oleh karena itu,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama mengajak guru untuk mendokumentasikan praktik baik pembelajaran. Hasil dokumentasi ini dapat diikutsertakan pada lomba Video Praktik Baik Pembelajaran di Era Pandemi

Lomba Video Praktik Baik Pembelajaran di Era Pandemi dapat diikuti oleh mulai dari jenjang PAUD, SD/MI/Pendidikan Diniyah Formal Ula/Pendidikan Muadalah Ula/Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah Ula/Sederajat, SMP/MTs/Pendidikan Diniyah Formal Wustha/Pendidikan Muadalah Wustha/Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah Wustha/Sederajat, SMA/SMK/MA/Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Pendidikan Muadalah Ulya/Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah Ulya/Sederajat, Pendidikan Pesantren Berbentuk Pengkajian Kitab Kuning, serta Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. 

Untuk ketentuan lomba, klik di sini

Selamat mengikuti. Selamat berkarya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *